Backup Win XP dengan NORTON GHOST14

Posted: Agustus 20, 2010 in Komputer
Tag:,

saya menggunakan windows xp sp3 dan firmwork 3.5 sp1, driver-driver untuk mainboard dan parangkat-perangkat lain sudah terinstal semuanya, aplikasi-aplikasi windows yang biasa saya perlukan juga sudah terinstal, dan juga antivirus meskipun dapat gratis trial 90 hari dari norton internet security 2009 dengan update terakhirnya, saya kira komputer saya sudah cukup sehat untuk di amankan alias di backup.

pilihan software backup, setelah muter-muter sama mbah google akhirnya pilihan saya jatuh pada norton ghost14 biar kompak sama antivirusnya (hahaha… nggak juga emang kebetulan saja :D), nah langkah pertama yang saya lakukan adalah menginstal SYMANTEC NORTON GHOST14 (download).

setelah diinstal, masukkah serial number, restart komputer, buka aplikasi norton ghost14.

nah sekarang klik pada advanced/one time backup/ ikuti langkah selanjutnya dengan menekan tombol Next. sekarang kita tinggal pilih drive mana yang mau dibackup, biasanya (kecuali kalau tidak biasa) windows xp berada di drive C: , pastikan kita pilih drive tersebut untuk melanjutkan kelangkah berikutnya, tekan Next.

oke saya lanjutkan tutorialnya. langkah selanjutnya adalah memilih drive dimana kita akan menyimpan file ghost hasil backup, saya contohkan kita taruh di drive D:/Norton, mohon diperhatikan jangan menyimpan file backup di drive C: kenapa? karena akan ditolak oleh si NORTON GHOST14 :d . perhtikan gambar berikut:

ikuti langkah selanjutnya, langsung aja tekan Next>

tekan Next> kemudian tekan Finish maka layar akan nampak seperti dibawah ini:

sambil menunggu proses selesai…. diminum dulu kopinya….wkwkwkwk. Anda bisa menekan tombol Hide untuk menyembunyikan proses Backup hingga selesai. Anda bisa memutar film atau musik, suka-suka saja… owh ya.. Rokoknya disulut dulu Mas Bozz!! setelah selesai berarti Anda sudah mempunyai file backup dari windows XP yang Anda gunakan.

jika win xp kita sudah tidak bisa booting atau sudah terinfeksi virus…. sudah acak-acakan dan kita sudah malas untuk mencari solusi, karena mungkin makan waktu lama nantinya yang bisa kita BETE didepan komputer, sekarang waktunya untuk mengembalikan file ghost yang pernah dibackup. Untuk mengembalikan file backup ghost14 digunakan NORTON GHOST14 RSD (download), file ini berekstensi *.iso merupakan file CD image, untuk menggunakannya Anda harus membakarnya kebentuk CD dengan NeroBurning, UltraISO, Alkohol120% atau software burning tool lainnya. CD Norton Ghost14 RSD ini bootable yang dapat mengembalikan file Ghost yang pernah kita buat dulu. Restart komputer lalu booting lewat CD Norton Ghost14 RSD yang kita buat tadi, dan  ikuti petunjuk dilayar. Untuk cara yang kedua,  jika main board anda sudah bisa booting melalui USB ini lebih memudahkan dalam backup Windows XP Anda, tools yang diperlukan:

  1. Sebuah USB Flashdisk, HDD Eksternal, SD Card, atau apalah yang penting media penyimpanan Removable
  2. Software HP USBFormat Tool (download), untuk memformat flashdisk yang kita gunakan
  3. Software Grub4Dos (download), ini digunakan supaya flashdisk kita nantinya menjadi bootable
  4. DaemonVirtualDrive (download), karena saya tidak punya CD Drive maka saya gunakan CD DriveVirtual😀

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

– Masukkan USB flashdisk ke Port Usb tentunya😀
– Format Dengan menggunakan HP Usb Format Tool

– Gunakan Grub4Dos, caranya:

  1. setting directory flashdisk
  2. pilih pada text box Whole MBR
  3. tekan Instal
  4. copy file grldr dan menu.lst pada folder Grub4Dos ke directory flashdisk

– Masukkan file Norton Ghost14 RSD.iso ke VirtualDrive Anda, copy conten yang ada didalamnya kemudian paste di directory Flashdisk
– Sekarang jadi dech… Flashdisk bootable Norton Ghost14 RSD silahkan dicoba. semoga berhasil.😀😀😀

Komentar
  1. metz.bond2 mengatakan:

    sip…… saya sudah buktikan ok banget, sampe2 komputerku terlalu sering di ghost hingga akhirnya dataku amblassssssssssss……jg……..

    • ANAS mengatakan:

      hahahaha…. aku ngerti kesalahannya mas bozz… kemarin itu windowsnya dighost sama versi 14 nah kemudian untuk mengembalikannya lagi pakai SYMANTEC NORTON GHOST12 RSD mestinya pakai versi yang sama mas bozz SYMANTEC NORTON GHOST14 RSD baru nyadar…. kalau aku juga jadi korban😀 maaf mas bozz udah jadi korban MAL PRAKTEK wkwkwkwk….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s