INSTALLASI CLARKCONNECT

Posted: Mei 2, 2010 in Komputer

1. INSTALLASI CLARKCONNECT
Untuk menginstal Clarkconnect, alat dan bahan yang harus kita persiapkan adalah;

  • 2 Unit PC dengan memory minimal 128MB,
  • Harddisk minimal 10GB,
  • 3 Lan Card,
  • Keyboard,
  • CDROM,
  • Monitor, dan
  • CD Instalasi.

Langkah Kerja
Pasang card LAN tambahan pada komputer yang akan dijadikan router,
Colokkan kabel jaringan pada card LAN, dan hubungkan dengan komputer satunya,
Nyalakan kedua komputer tersebut,
Cek kedua komputer tersebut, apakah sudah konek apa belum, kalo sudah konek satu sama lain tinggal kita cek jaringan internetnya, kalo internetnya juga konek kita mulai penginstallan.
CARA MENGINSTALL CLARKCONNECT
Ubah urutan booting, booting pertama ke CDROM.
Masukkan CD install Clarkconnect, kemudian komputer direstart.

Setelah muncul gambar di samping ini, ketiklah linux, kemudian enter.

Memilih sebuah bahasa. Karena bahasa Indonesia masih belum ada, jadi pilihlah bahasa inggris, untuk keperluan panduan bahasa “penginstallan”.
keyboard. keyboard bertipe apa yang akan anda gunakan dalam proses penginstallan ini . Pilihlah us untuk penggunaan tipe keyboard.

Metode penginstallan, pilihlah local CDROM.

penginstallan, pilihlah install, untuk melanjutkan proses penginstallan.

Gambar ini mengidentifikasi anda untuk berhati-hati dalam proses penginstallan. Ketiklah linux pada kolom yang telah disediakan.

Pilihlah gateway mode.

Gambar ini mengidentifikasi anda untuk memilih tipe koneksi, pilihlah tipe ethernet.

keteranagan sesuai hasil praktik:
IP address kita isi: 199.168.9.16
Netmask kita isi: 255.255.255.255
Gateway kita isi: 199.168.9.60

Ini adalah gambar konfigurasi IP untuk jaringan lokal. Kita tinggal mengisi IP-IP tersebut sesuai keinginan kita.
keteranagan sesuai hasil praktik:
IP address kita isi: 20.20.20.1
Netmask kita isi: 255.255.255.0

Gambar ini mengkonfigurasi host name/nama host, ketikkan nama host yang anda inginkan di kolom yang sudah tersedia.
keteranagan sesuai hasil praktik:
Hostname kita isi: drganz
Domain kita isi: ict smkn2 pamekasan

Timezone, karena kita berada di benua Asia dan ibu kota negara kita adalah Jakarta, maka pilihlah Asia/Jakarta.

Password. Clarkconnect meminta anda untuk mengisi password untuk keperluan pada saat login nanti.
keteranagan sesuai hasil praktik:
password kita isi: DRGANZ

Partisi. Pilihlah use default.

Modul standart. Dalam hal ini kita bertujuan membangun Server Proxy maka centang DHCP
and Caching DNS Server, Instrusion Detection and Prevention, Web Proxy Server, Content Filter Server. Untuk memilih/memberikan centang tekan tombol spasi.

Modul tambahan, jika tidak ingin menambahkan paket, langsung pilih Done

didone aja.

Jika proses instalasi selesai, maka akan muncul dialog seperti berikut ini, keluarkan CD
Instalasi dari CDROM kemudian Reboot.

Gambar ini akan muncul apabila proses penginstallan yang tadi kita lakukan berhasil.
Sampai di sini langkah installasi clarkconnect sudah selesai.

Sekarang kita tinggal login ke admin clarkconnect.

2. LOGIN KE ADMIN CLARKCONNECT DAN MELAKUKAN KONFIGURASI

Ini adalah tampilan awal system kita yang sudah jadi.

Nah, sekarang kita tinggal isikan password yang sudah kita set, yaitu: “drganz″.

Tampilan berikut adalah untuk menset nama server kita.
Ketikkan IP LAN yang tadi sudah kita isi, yaitu:
20.20.20.1
Hal ini kita lakukan untuk masuk ke admin clarkconnect.

Klik aja yes untuk menampilkan gambar berikutnya.

Pada user name kita isi root aja,
passwordnya ya kita isi tadi itu, yaitu: drganz.
Lalu klik ok.

Nah, sekarang kita udah bisa melakukan pensettingan clarkconnect via web browser.
Berikut adalah contoh tampilan pada web konfigurasi network.
Lalu kita klik bandwicth untuk mengatur kecepatan intarnet.setelah itu kita atur bandwicth yg kita inginkan.

Setelah selesai mengatur bandwicth, lalu kita klik DHCP, fungsinya untuk memberi IP otomatis pd client. lalu klik enasable pada tampilan tsb. lalu kita masukan ip 25.25.25.2 sd 25.25.25.254, supaya komputer client mendapat ip otomatis dr 2 sd 254. setelah itu selesai

Jadi hasil praktik kita telah selesai.

Sumber: HTTP://QHPETZAEY.BLOGSPOT.COM/2009/09/MENGINSTALASI-CLARK-CONNECT-STEP-BY.HTML

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s